Sabtu, 23 Maret 2013

RPP- PENGERTIAN DAN HAKEKATNYA


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali  pertemuan atau lebih.

B.  Hakekat Perencanaan
Rencana pelaksanaan pembelajaran pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
RPP yang akan bermuara pada pelaksanaan pembelajaran sedikitnya mencakup 3 kegiatan, yaitu:
1.      Identifikasi Kebutuhan
Kebutuhan merupakan kesenjangan antara apa yang seharusnya dengan kondisi yang sebenarnya, atau sesuatu yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan. Identifikasi kebutuhan bertujuan antar lain untuk melibatkan dan memotivasi peserta didik agar kegiatan belajar dirasakan oleh mereka sebagai bagian dari kehidupannya dan merasa memilikinya. Hal ini dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
a.       Peserta didik didorong untuk menyatakan kebutuhan belajar berupa kompetensi tertentu yang ingin mereka milikidan diperoleh melalui kegiatan pembelajaran.
b.      Peserta didik didorong untuk mengenali dan mendayagunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan belajar.
c.       Peserta didik dibantu untuk mengenal dan menyatakan kemungkinan adanya hambatan dalam upaya memenuhi kebutuhan belajarnya.
Berdasarkan  identifikasi terhadap kebutuhan belajar bagi pembentukan kompetensi peserta didik, diidentifikasilah sejumlah kompetensi untuk dijadikan bahan pembelajaran.


2.      Identifikasi kompetensi
Kompetensi merupakan sesuatu yang ingin dimiliki oleh peserta didik, dan merupakan komponen utama yang harus dirumuskan dalam pembelajaran, yang memiliki peran penting dan menentukan arah pembelajaran. Setiap kompetensi harus merupakan perpaduan antara pengetahuan, ketrampilan, dan nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak ( IQ, SQ, EQ ). Adapun kompetensi yang harus dimiliki dan dipelajari peserta didik perlu dinyatakan sedemikian rupa agar dapat dinilai, sebagai wujud hasil belajar yang mengacu pada pengalaman langsung. Sehingga penilaian pencapaian kompetensi perlu dilakukan secara objektif,berdasarkan kinerja peserta didik, dengan bukti penguasaan mereka terhadap suatu kompetensi sebagai hasil belajar.bukan dengan subjektif yang mengandalkan pertimbangan.

3.      Penyusunan Program Pembelajaran
Penyusunan program memberikan arah kepada sesuatu program dan membedakannya dengan program lain. Berdasarkan hal tersebut keputusan dibuat dalam menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan dan kelompok sasaran mana, sehingga program itu menjadi pedoman yang konkrit dalam pengembangan program selanjutnya. Penyusunan program pembelajaran akan bermuara pada RPP , sebagai produk program pembelajaran jangka pendek , yang mencakup komponen program kegiatan belajar dan proses pelaksanaan program. Komponen program mencakup kompetensi dasar, materi standar, metode dan teknik, media dan sumber belajar, waktu belajar dan daya dukung lainnya.

C. Fungsi RPP
Ada 2 fungsi RPP diantaranya adalah :
1.      Fungsi Perencanaan
Artinya RPP hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Apabila guru mengajar tanpa adanya persiapan, pembelajarannya cenderung merusak mental dan moral peserta didik, serta akan menurunkan wibawa guru secara keseluruhan.
2.      Fungsi Pelaksanaan
Artinya, RPP berfungsi untuk mengefektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini, materi standar yang dikembangkan dan dijadikan bahan kajian oleh peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan, sekolah, dan daerah.

D. Prinsip Pengembangan RPP
Terdapat prinsip-prinsip pengembangan RPP yang harus diperhatikan:
1.      Kompetensi yang dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajarn harus jelas.
2.      Rencana pelaksanaan pembelajaran harus sederhana dan fleksibel serta dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
3.      Kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diwujudkan.
4.      RPP yang dikembangkan harus uth dan menyeluruh.
5.      Harus ada koordinasi antarkomponen pelaksanaan program di sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim.

E. Pengembangan RPP/ Langkah-Langkah Penyusunan RPP
Cara pengembangan RPP dalam garis besarnya adalah :
1.      Mengisi kolom identitas
2.      Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan.
3.      Menentukan SK dan KD, serta indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
4.      Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK dan KD, serta indikator yang telah ditentukan.
5.      Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
6.      Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan.
7.      Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal,inti, dan akhir.
8.      Menentukan sumber belajar yang digunakan.
9.      Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan tehnik penilaian.

F. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran                        : …
Kelas/Semester                        : …
Pertemuan Ke-                        : …
Alokasi Waktu                        : …
Standar Kompetensi   : …
Kompetensi Dasar                   : …
Indikator                                 : …
I. Tujuan Pembelajaran           : …     
II. Materi Ajar                         : …
III. Metode Pembelajaran: …
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama,
    1. Kegiatan Awal: …
    2. Kegiatan Inti: …
    3. Kegiatan Akhir: …    
Pertemuan kedua, dst.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar: …    
VI. Penilaian: …        















CONTOH FORMAT RPP BERKARAKTER
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                                     :    ....
Kelas/Semester                                     :    ....
Pertemuan ke-                                       :    ....
Alokasi Waktu                                      :    ....
Standar Kompetensi                                        :    ....
Indikator                                               :    ....
I.         Tujuan Pembelajaran                :    ....
II.       Materi Ajar                                :    ....
III.    Metode Pembelajaran                 :    ....
IV.    Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan Pertama,
      A.    Kegiatan Awal                          :    ....
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi                                 :
Elaborasi                                  :
Konfirmasi                          :    ....
C.     Kegiatan Akhir                          :    ....
V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar       :    ....
VI.    Penilaian                                          :    ....

Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran



2 komentar:

  1. makasih banget materinya, ijin copy yang bagian fungsi RPP..

    BalasHapus