Jumat, 13 Juni 2014

CONTOH RPP SMK KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.     IDENTITAS MATA PELAJARAN

a.
Nama Sekolah
: SMK ……………..
b.
Mata Pelajaran
: Matematika
c.
Kelas/Semester
: X/1
d.
Jumlah pertemuan
:
e.
Pertemuan ke
:
f.
Alokasi Waktu
:  2 x 45’

2.     STANDAR KOMPETENSI
         3. Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat

3.     KOMPETENSI DASAR
        3.1. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear

4.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menentukan penyelesaian persamaan linear
·         Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear
·         Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan linear

5.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan mereka mampu untuk:
  • Memahami penyelesaian persamaan linear
·         Memahami penyelesaian pertidaksamaan linear
·         Memahami penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear

6.     MATERI AJAR
        Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

7.     METODE PEMBELAJARAN
        Metode Pembelajaran             : Ceramah, diskusi, dan tanya jawab

8.     KEGIATAN PEMBELAJARAN


No.
Kegiatan Belajar
Waktu

1.
Pendahuluan
a.     Orientasi
      Menuliskan judul di white board
      Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar
      Menyampaikan indikator yang harus dikuasai siswa         Apersepsi
      Mengingatkan kembali materi persamaan linear
5’

c.     Motivasi
      Memberikan gambaran manfaat materi macam-macam persamaan linear dalam kehidupan sehari-hari

2.
Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
      Guru memberikan materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
      Guru dan siswa mendiskusikan mengenai materi yang telah disampaikan.
      Guru dan siswa membahas contoh soal yang ada di buku.
    Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
b.     Elaborasi
      Siswa mengerjakan soal-soal latihan
      Siswa mempresentasikan hasilnya
c.     Konfirmasi
      Guru  melakukan  tanya  jawab sambil mengarahkan siswa menemukan  jawaban atas permasalahan yang ditemukan
      Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward
      Siswa yang belum aktif diberikan motivasi
80’
3.
Penutup
      Siswa membuat kesimpulan
      Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
5’


9.     SUMBER BELAJAR
a.     Sumber Belajar                            : Buku paket, LKS


10.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Teknik Penilaian
: Penugasan dan tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen
: Uraian Singkat
               
c. Instrumen                                :
1. Tentukan nilai x dari persamaan  20(3x+1) =-50(5 – x)

2. Tentukan himpunan penuelesaian pertidaksamaan berikut.
a. 5b-3 < 7b+11
b. 3x-4≥16+8x
Kunci Jawaban :
No
Jawaban
Skor

1.
20(3x+1) = - 50(5 – x)
60x+20=  -250 + 50x
60x-50x= -250
10x= -250
x = -25
1
1
1
1
1
2.
a. 5b-3 < 7b+11
    5b-7b < 11+3
    2b< 14
    b < 7
b. 3x-4≥16+8x
3x-8x≥16+4
-5x≥20
x≤4


1
1
1
1
1
1
1
1

SKOR TOTAL
12


NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL)) x 100%
                  
Mengetahui                                                                                         
                                                                                                                               
                   Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran





                   (………………………….)                                                                              (……………………………..)







                  














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.     IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.
Nama Sekolah
: SMK …………….
b.
Mata Pelajaran
: Matematika
c.
Kelas/Semester
: X/1
d.
Jumlah pertemuan
:
e.
Alokasi Waktu
: 2 x 45’

2.     STANDAR KOMPETENSI
        3. Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat

3.     KOMPETENSI DASAR
3.2.Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

4.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat
·         Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


5.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan mereka mampu untuk:
  • Memahami penyelesaian persamaan kuadrat
·         Memahami penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

6.     MATERI AJAR
        Persamaan dan  Pertidaksamaan kuadrat

7.     METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran                        : Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

8.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan Belajar
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Orientasi
      Menuliskan judul di papan tulis
      Menuliskan indicator yang harus di kuasai siswa
b.     Apersepsi
      Siswa diingatkan kembali tentang persamaan kuadrat
c.      Motivasi
      Menghubungkan materi persamaan kuadrat dengan mata pelajaran lain dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
      Menjelaskan manfaat setelah mempelajari materi persamaan kuadrat
5’
2.
Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
      Mendiskusikan tentang bentuk umum persamaan kuadrat.
      Diberikan beberapa contoh persamaan kuadrat dalam bentuk ax2+bx+c=0.
      Mendiskusikan dalam kelas cara memfaktorkan persamaan kuadrat, kemudian menyelesaikannya dan menentukan akar-akarnya.
      Mendiskusikan dalam kelas cara membentuk kuadrat sempurna dari contoh- contoh persamaan kuadrat yang diberikan  kemudian menentukan akar-akarnya.
      Mendiskusikan cara menurunkan rumus Kuadrat ( Rumus abc ), kemudian menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus
b.     Elaborasi
      Siswa mengerjakan latihan soal secara individual atau kelompok

c.     Konfirmasi
      Guru  melakukan  tanya  jawab sambil mengarahkan siswa menemukan  jawaban atas permasalahan yang ditemukan
      Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward
      Siswa yang belum aktif diberikan motivasi
80’
3.
Penutup
      Siswa membuat kesimpulan.
      Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
5’


9.     SUMBER BELAJAR
a.     Sumber Belajar                            : Buku paket, LKS

10.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Teknik Penilaian
: Penugasan dan tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen
: Uraian Singkat
c.
Instrumen Penilaian
1. Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat  x2 – 6x – 16 =0 dengan faktorisasi

2. Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat  5x2 > 5x +10



Kunci Jawaban :
No
Jawaban
Skor

1.
x2 – 6x – 16 =0
(x-8)(x+2)=0
x=8 dan x=-2
1
1
1
2.
5x2 > 5x + 10
    5x2 – 5x- 10>0
      5x2 – 5x- 10=0
    (5x+5)(x-2)=0
    X=-1 atau x=2
           -1                  2
·         untuk sebelah kiri -1, diambil -2 jadi
5(-2)2 > 5(-2) + 10
20 > 0 (benar) maka sebelah kiri -7 memenuhi
·         untuk sebelah kanan 2, diambil 3 jadi
5(3)2 > 5(3) + 10
45> 25 (benar) maka sebelah kanan 3 memenuhi
·         untuk antara -1 dan 2, diambil 0 jadi
5(0)2 > 5(0) + 10
0 > 10 (salah) maka tidak memenuhi
Jadi HP={x|x<-1 dan x>2}






1
1
1
1
1
1

1
1
1
1
1
1
1
1
1

SKOR TOTAL
18


NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL)) x 100%


Mengetahui                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran





(…………………………)                                                                                                                (……………………………..)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.     IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.
Nama Sekolah
: SMK ………..
b.
Mata Pelajaran
: Matematika
c.
Kelas/Semester
: X/1
d.
Jumlah pertemuan
:
e.
Alokasi Waktu
: 2 x 45’

2.     STANDAR KOMPETENSI
        5. Menyelesaikan masalah program linear

3.     KOMPETENSI DASAR
`            5.1 Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear


4.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·         Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear (satu variabel dan dua variabel)

5.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan mereka mampu untuk:
·         Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear (satu variabel dan dua variabel)


6.     MATERI AJAR
        Pengertian Program Linear dan Grafik HP Sistem Pertidaksamaan Linear

7.     METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran                        : Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

8.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan Belajar
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Orientasi
      Menuliskan judul di papan tulis
      Menuliskan indikator yang harus di kuasai siswa
b.     Apersepsi
      Siswa diingatkan kembali tentang pertidaksamaan Linear
c.      Motivasi
      Menghubungkan materi pertidaksamaan linear dengan mata pelajaran lain dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
5’
2.
Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
      Mendiskusikan tentang pengertian program linear.
      Guru menerangkan cara menggambar grafik pertidaksamaan linear satu variabel dan dua variabel
      Membahas contoh soal bersama dengan siswa.
b.     Elaborasi
      Siswa mengerjakan latihan soal secara individual atau kelompok

c.     Konfirmasi
      Guru  melakukan  tanya  jawab sambil mengarahkan siswa menemukan  jawaban atas permasalahan yang ditemukan
      Siswa yang aktif atau berhasil menyelesaikan permasalahan diberikan reward
      Siswa yang belum aktif diberikan motivasi
80’
3.
Penutup
      Siswa membuat kesimpulan.
      Siswa diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
5’


9.     SUMBER BELAJAR
a.     Sumber Belajar                            : Buku paket, LKS



10.   PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Teknik Penilaian
: Penugasan dan tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen
: Uraian Singkat
c.
Instrumen Penilaian
1.      Gambarlah grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan berikut ini.

a. x>-1  b.-2<y<0  c. x-2y<4
2. Tentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear di bawah ini.
x≥0; y≥0; x-y<4


Kunci Jawaban :
No
Jawaban
Skor

1.
a. x>-1                                                      
 



      -1
2

b. .-2<y<0, artinya -2<y dan y<0

 





                 0

                -2

2

c. x-2y<4
Gambar terlebih dahulu . x-2y=4
Tentukan titik potong di sumbu x dan y
x
0
4
y
-2
0
(x,y)
(0,-2)
(4,0)


          
 

                                          4
       
             -2
2


2



2

SKOR TOTAL
10


NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL)) x 100%





Mengetahui                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran





(…………………………)                                                                                                                (……………………………..













Tidak ada komentar:

Posting Komentar