RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.
|
Nama Sekolah
|
: SMK ……………..
|
b.
|
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
c.
|
Kelas/Semester
|
: X/1
|
d.
|
Jumlah pertemuan
|
:
|
e.
|
Pertemuan ke
|
:
|
f.
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 45’
|
2. STANDAR KOMPETENSI
3. Memecahkan masalah berkaitan sistem
persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat
3. KOMPETENSI DASAR
3.1. Menentukan himpunan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan linear
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Menentukan
penyelesaian persamaan linear
·
Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan linear
·
Menerapkan
persamaan dan pertidaksamaan linear
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan
mereka mampu untuk:
- Memahami penyelesaian persamaan linear
·
Memahami
penyelesaian pertidaksamaan linear
·
Memahami
penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear
6. MATERI
AJAR
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
7. METODE PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran : Ceramah,
diskusi, dan tanya jawab
8. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
||
1.
|
Pendahuluan
a. Orientasi
• Menuliskan judul di white board
• Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki
siswa sebagai hasil belajar
• Menyampaikan indikator yang harus dikuasai siswa Apersepsi
• Mengingatkan kembali materi persamaan linear
|
5’
|
||
|
c. Motivasi
• Memberikan gambaran manfaat
materi macam-macam persamaan
linear dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
• Guru memberikan materi persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat.
• Guru dan siswa mendiskusikan mengenai
materi yang telah disampaikan.
• Guru dan siswa membahas contoh soal yang
ada di buku.
• Melibatkan siswa secara aktif dalam
kegiatan pembelajaran
b. Elaborasi
• Siswa
mengerjakan soal-soal latihan
• Siswa
mempresentasikan hasilnya
c. Konfirmasi
• Guru
melakukan tanya
jawab sambil mengarahkan siswa
menemukan jawaban
atas permasalahan yang ditemukan
• Siswa
yang aktif atau berhasil menyelesaikan
permasalahan diberikan reward
• Siswa
yang belum aktif diberikan motivasi
|
80’
|
||
3.
|
Penutup
• Siswa
membuat kesimpulan
• Siswa
diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
|
5’
|
||
9. SUMBER BELAJAR
a. Sumber Belajar : Buku paket, LKS
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
|
Teknik Penilaian
|
: Penugasan dan
tes tertulis
|
b.
|
Bentuk Instrumen
|
: Uraian
Singkat
|
c. Instrumen :
1.
Tentukan nilai x dari persamaan 20(3x+1)
=-50(5 – x)
2.
Tentukan himpunan penuelesaian pertidaksamaan berikut.
a.
5b-3 < 7b+11
b. 3x-4≥16+8x
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
20(3x+1) = -
50(5 – x)
60x+20= -250 + 50x
60x-50x= -250
10x= -250
x = -25
|
1
1
1
1
1
|
2.
|
a. 5b-3 < 7b+11
5b-7b < 11+3
2b< 14
b < 7
b. 3x-4≥16+8x
3x-8x≥16+4
-5x≥20
x≤4
|
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
SKOR TOTAL
|
12
|
NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL))
x 100%
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(………………………….) (……………………………..)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.
|
Nama Sekolah
|
: SMK …………….
|
b.
|
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
c.
|
Kelas/Semester
|
: X/1
|
d.
|
Jumlah pertemuan
|
:
|
e.
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 45’
|
2. STANDAR KOMPETENSI
3. Memecahkan masalah
berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat
3. KOMPETENSI DASAR
3.2.Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Menentukan
penyelesaian persamaan kuadrat
·
Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan
mereka mampu untuk:
- Memahami penyelesaian persamaan
kuadrat
·
Memahami
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
6. MATERI
AJAR
Persamaan
dan Pertidaksamaan kuadrat
7. METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
8. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Orientasi
• Menuliskan judul di papan tulis
• Menuliskan indicator yang harus di kuasai siswa
b. Apersepsi
• Siswa
diingatkan kembali tentang persamaan
kuadrat
c. Motivasi
• Menghubungkan materi persamaan kuadrat dengan
mata pelajaran lain dan kaitannya
dengan kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan manfaat setelah mempelajari
materi persamaan kuadrat
|
5’
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
• Mendiskusikan tentang bentuk
umum persamaan kuadrat.
• Diberikan beberapa contoh persamaan kuadrat dalam
bentuk ax2+bx+c=0.
• Mendiskusikan dalam kelas cara memfaktorkan persamaan kuadrat, kemudian menyelesaikannya
dan menentukan akar-akarnya.
• Mendiskusikan dalam kelas cara membentuk kuadrat sempurna dari
contoh- contoh persamaan kuadrat yang diberikan kemudian
menentukan akar-akarnya.
• Mendiskusikan cara menurunkan rumus Kuadrat ( Rumus abc ),
kemudian menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus
b. Elaborasi
• Siswa
mengerjakan latihan soal secara
individual atau kelompok
c. Konfirmasi
• Guru
melakukan tanya
jawab sambil mengarahkan siswa
menemukan jawaban
atas permasalahan yang ditemukan
• Siswa
yang aktif atau berhasil menyelesaikan
permasalahan diberikan reward
• Siswa
yang belum aktif diberikan motivasi
|
80’
|
3.
|
Penutup
• Siswa
membuat kesimpulan.
• Siswa
diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
5’
|
9. SUMBER BELAJAR
a. Sumber Belajar : Buku paket, LKS
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
|
Teknik Penilaian
|
: Penugasan dan
tes tertulis
|
b.
|
Bentuk Instrumen
|
: Uraian
Singkat
|
c.
|
Instrumen Penilaian
|
1.
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat x2 – 6x – 16 =0 dengan
faktorisasi
2. Tentukan himpunan
penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
5x2 > 5x +10
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
x2 –
6x – 16 =0
(x-8)(x+2)=0
x=8 dan x=-2
|
1
1
1
|
2.
|
5x2 > 5x + 10
5x2 – 5x- 10>0
5x2 – 5x- 10=0
(5x+5)(x-2)=0
X=-1 atau x=2
-1 2
·
untuk
sebelah kiri -1, diambil -2 jadi
5(-2)2 > 5(-2)
+ 10
20 > 0 (benar)
maka sebelah kiri -7 memenuhi
·
untuk sebelah
kanan 2, diambil 3 jadi
5(3)2 > 5(3) +
10
45> 25 (benar) maka
sebelah kanan 3 memenuhi
·
untuk antara -1
dan 2, diambil 0 jadi
5(0)2 > 5(0) +
10
0 > 10 (salah)
maka tidak memenuhi
Jadi HP={x|x<-1 dan x>2}
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
SKOR TOTAL
|
18
|
NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL))
x 100%
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(…………………………) (……………………………..)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.
|
Nama Sekolah
|
: SMK ………..
|
b.
|
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
c.
|
Kelas/Semester
|
: X/1
|
d.
|
Jumlah pertemuan
|
:
|
e.
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 45’
|
2. STANDAR KOMPETENSI
5. Menyelesaikan masalah
program linear
3. KOMPETENSI DASAR
` 5.1 Membuat grafik himpunan
penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Menentukan daerah
penyelesaian pertidaksamaan linear (satu variabel dan dua variabel)
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik mengikuti materi ini diharapkan
mereka mampu untuk:
·
Menentukan daerah
penyelesaian pertidaksamaan linear (satu variabel dan dua variabel)
6. MATERI
AJAR
Pengertian
Program Linear dan Grafik HP Sistem Pertidaksamaan Linear
7. METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
8. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Orientasi
• Menuliskan judul di papan tulis
• Menuliskan indikator yang harus di kuasai siswa
b. Apersepsi
• Siswa
diingatkan kembali tentang pertidaksamaan
Linear
c. Motivasi
• Menghubungkan materi pertidaksamaan linear dengan mata pelajaran lain dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
|
5’
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
• Mendiskusikan tentang pengertian program linear.
• Guru menerangkan cara menggambar grafik
pertidaksamaan linear satu variabel dan dua variabel
• Membahas contoh soal bersama dengan
siswa.
b. Elaborasi
• Siswa
mengerjakan latihan soal secara
individual atau kelompok
c. Konfirmasi
• Guru
melakukan tanya
jawab sambil mengarahkan siswa
menemukan jawaban
atas permasalahan yang ditemukan
• Siswa
yang aktif atau berhasil menyelesaikan
permasalahan diberikan reward
• Siswa
yang belum aktif diberikan motivasi
|
80’
|
3.
|
Penutup
• Siswa
membuat kesimpulan.
• Siswa
diberi tugas untuk pertemuan selanjutnya.
|
5’
|
9. SUMBER BELAJAR
a. Sumber Belajar : Buku paket, LKS
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
|
Teknik Penilaian
|
: Penugasan dan
tes tertulis
|
b.
|
Bentuk Instrumen
|
: Uraian
Singkat
|
c.
|
Instrumen Penilaian
|
1.
Gambarlah
grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan berikut ini.
a. x>-1 b.-2<y<0 c. x-2y<4
2. Tentukan himpunan
penyelesaian sistem pertidaksamaan linear di bawah ini.
x≥0; y≥0; x-y<4
|
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
Skor
|
||||||||||||
1.
|
a. x>-1
-1
|
2
|
||||||||||||
|
b. .-2<y<0, artinya -2<y
dan y<0
0
-2
|
2
|
||||||||||||
|
c. x-2y<4
Gambar terlebih dahulu . x-2y=4
Tentukan titik potong di sumbu
x dan y
4
-2
|
2
2
2
|
||||||||||||
|
SKOR TOTAL
|
10
|
NILAI = ((SKOR PEROLEHAN):(SKOR TOTAL))
x 100%
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(…………………………) (……………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar